MUI Himbau Masyarakat Agar Tidak Terpancing Atas Provokasi Victor Laiskodat

Isunews.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang ikut bereaksi dengan adanya pidato dari salah seorang politisi Partai Nasdem Victor Laiskodat. Sejumlah kalangan menilai pernyataan tersebut dapat menimbulkan polemik dan berpotensi menimbulkan kegaduhan.



Masyarakat diminta tidak terpancing dan melontarkan kalimat adu domba.
 
"Kami mengimbau kepada semua pihak untuk menahan diri dan tidak terpancing memberikan pernyataan yang bisa memanaskan situasi," kata Waketum MUI Zainut Tauhid Sa'adi dalam pernyataan resminya, Senin (7/8).

Zainut menambahkan, pernyataan berbau provokasi bisa mengadu domba antargolongan dan kelompok masyarakat, khususnya antarumat beragama di Indonesia.

Sebab dikhawatirkan mengganggu harmoni kehidupan antarumat beragama yang sudah terbangun dengan baik, rukun, aman, dan damai.

"MUI mengimbau kepada semua pihak khususnya para elit politik hendaknya masalah tersebut segera diselesaikan lewat pendekatan musyawarah dengan mengedepankan semangat kenegarawanan, kekeluargaan dan persaudaraan kebangsaan. Sehingga persoalannya tidak semakin meluas dan melebar," tuturnya.

Jika dalam musyawarah antarelit politik tidak dicapai kata sepakat, maka MUI menganjurkan agar penyelesaian ditempuh melului jalur hukum, karena jalur hukum adalah pilihan yang terhormat dan beradab.

MUI juga mengimbau kepada semua umat beragama, khususnya umat Islam untuk tidak terpengaruh dan terprovokasi dengan hal tersebut.

Seluruh masyarakat Indonesia agar tetap tenang, menjaga kerukunan hidup bersama, saling mengasihi dan bekerjasama dalam merawat dan menjaga NKRI dan persatuan bangsa.(jpnn)

Subscribe to receive free email updates: