Ketua MPR: Tidak Ada Kemerdekaan Dalam Kemiskinan

Baca Juga

Isunews - Ketua Majelis Perwakilan Rakyat (MPR) Zulkifli Hasan menegaskan tidak ada kemerdekaan di dalam kemiskinan. Juga tak ada kemerdekaan tanpa keadilan sosial. Bahkan, rumusan pendiri bangsa ini jelas: kemerdekaan tidak boleh berhenti hanya dalam peringatan seremonial dari tahun ke tahun.



"Kemerdekaan seharusnya justru menjadi gerbang awal untuk meneguhkan persatuan, merebut kedaulatan sepenuhnya, memastikan keadilan tegak untuk siapa pun, dan mewujudkan kemakmuran untuk semua," kata Zulkifli, dalam Pidato Ketua MPR di Sidang Tahunan MPR, di Gedung Kura-Kura, Jakarta, Kamis, 16 Agustus 2018.

Presiden Joko Widodo dalam pidatonya di depan Sidang Tahunan MPR RI 2018 mengatakan, sebagai bangsa yang besar, Indonesia akan menghadapi tantangan yang besar pula. Presiden mengajak semua menyelesaikan janji kemerdekaan, terutama mengatasi kemiskinan, ketimpangan antardaerah, dan kesenjangan pendapatan antarwarga.

"Kita bersama harus mampu menjaga kerukunan, persaudaraan, dan persatuan di antara anak bangsa," tegas mantan Wali Kota Solo ini.

Selain itu, lanjutnya, semua pihak secara bersama harus mampu menghadapi tantangan ketidakpastian ekonomi global, serta mewujudkan bangsa Indonesia menjadi bangsa pemenang. Dalam hal ini, segala pencapaian dari lembaga-lembaga negara adalah modal bersama untuk melangkah menghadapi tantangan-tantangan di masa depan.

"Tapi, saya yakin, sebagai bangsa yang besar, dengan modal sosial yang kuat, kita akan mampu menghadapi semua tantangan, seberat apapun," pangkas Jokowi.

Sumber : Medcom

close