Pemain dan Fan Indonesia Tunjukkan Solidaritas Palestina

Baca Juga

Isunews - Para pemain dan pendukung tim nasional Indonesia U-23 menunjukkan semangat solidaritas kepada tim Palestina ketika kedua negara bertanding di Grup A cabang olahraga sepak bola putra Asian Games 2018, Rabu (15/8). Rasa haru pun menyeruak di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.



Timnas U-23 kalah 1-2 dari Palestina. Namun seusai laga, skuat Merah-Putih mengajak pemain dan ofisial Palestina berkumpul di tengah lapangan. Mereka membentuk lingkaran, bersujud, kemudian melakukan tepuk tangan ala Viking secara bersama-sama. Viking thunder clap yang dipopulerkan timnas Islandia ini diikuti oleh seluruh penonton yang hadir di lapangan.

Momen ini sangat emosional. Jarang terjadi, para penonton tak menunjukkan rasa kecewa dan justru memberikan hormat kepada lawan yang mengalahkan Garuda Muda.

Rasa solidaritas itu sejak awal juga diperlihatkan para pendukung Merah Putih. Sebagian mereka mengenakan beragam pernak-pernik Palestina seperti pakaian, syal, stiker hingga membawa bendera lawan, selain tentunya memakai panji-panji kebanggaan Indonesia.

"Insya Allah saya mendukung Indonesia untuk pertandingan ini. Namun, menang atau kalah, kita tetap menjaga persaudaraan dengan Palestina," ujar Aldi, salah seorang pendukung Indonesia di Stadion Patriot Chandrabaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu.

Aldi pun memastikan, dirinya akan bersorak gembira untuk gol kedua tim di pertandingan tersebut.

"Saya akan bersorak untuk gol Indonesia maupun Palestina. Akan tetapi saya tetap mendukung Indonesia menang 2-1," tutur warga Lebak Bulus, Jakarta Selatan tersebut. Sayangnya, harapan Aldi tak terwujud. Sror 2-1 ternyata untuk kemenangan Palestina.

Rasa senansib sepenangunggan dengan Palestina juga diungkapkan Oki, suporter Indonesia yang datang dari Yogyakarta. Menurut Oki, hal itu dukungan untuk Palestina wajar karena hubungan sejarah kedua negara.

"Palestina termasuk yang pertema memberikan dukungannya untuk kemerdekaan Indonesia," kata dia.

Sejumlah pendukung timnas Indonesia memberikan tepuk tangan kepada para pemain Palestina saat pemanasan. Mereka kemudian sesekali meneriakkan kata "Palestina" saat laga berlangsung hingga berakhir.

Sumber : Republika


close